#1 Upcycle Postcard??? || Bahan dari Kemasan Bekas

dsc_0221

Salah satu hobi saya adalah berkirim kartu pos atau yang bahasa kerennya Postcard. Saya juga bergabung dalam situs Postcrossing dan PostcardUnited. Dari situ saya diajak salah satu anggota untuk bergabung dengan Komunitas Postcrossing Indonesia (KPI) di facebook.

Disitu saya banyak belajar tentang berkirim-kirim kartu pos. Sampai saat ada beberapa anggota KPI yang suka bikin upcycle postcard atau kartu pos dari bahan-bahan bekas. Saya pikir “kreatif sekali ya… bagus-bagus lagi. Mengurangi sampah dan menambah kreatifitas”.

Semakin banyak ide yang muncul, semakin membuat saya tertarik untuk ikutan buat upcycle postcard. Saya pun iseng-iseng googling macam-macam kartu pos yang terbuat dari bahan-bahan bekas. Salah satu ide yang saya suka adalah membuat upcycle postcard dari kemasan atau bungkus makanan. Ada juga dari bahan-bahan lain yang bias dipakai seperti majalah, koran, buku bekas, atau pun kalender. Tapi, dilain kesempatan akan saya coba share juga.

Karena setiap orang memiliki caranya sendiri dalam berkarya, maka kali ini saya akan share cara membuat upcycle postcard dengan cara saya 🙂

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Kemasan bekas (Bisa yang plastik/berbahan seperti kardus)
  • Gunting, Lem, Pensil
  • Kertas polos bekas (sebagai wadah temple)
  • Penggaris
  • Spidol Warna

Simpel??? Ya memang simple… Bahan yang perlu disiapkan hanya seperti diatas…

Cara membuat:

  1. Gunting kemasan yang sudah anda siapkan sebelumnya sesuai dengan selera anda. Bisa juga mengikuti gambar yang tertera di kemasan tersebut.
  2. Pada bagian belakang bias teman-teman buat garis seperti format kartu pos pada umumnya.
  3. Foilaaaa…. Jadilah satu kartu pos upcycle yang bias teman-teman kirim untuk sesama pencinta kartu pos 😀

Dibawah merupakan beberapa hasil Upcycle Postcard yang saya buat :

1. Ada yang saya gunting saja mengikuti gambar/bentuk dari kemasan

dsc_0146.jpg

2. Ada juga yang sedikit dipercantik dengan diberikan kesan pop-up

dsc_0150

3. Ada juga yang saya temple di kertas/kardus/wadah polos lainnya

DSC_0158.JPG

Nah… Mudahkan membuat upcycle Postcard??? Selain kita mengurangi sampah yang akan kita buang, kita juga membuat sesuatu yang berguna dari barang-barang bekas yang ada. Sekarang waktunya teman-teman yang buat!!!^^

Oh Iyaaaaaa… Jangan lupa! Dibawah masih ada foto-foto dari hasil karya saya. Tidak sempurna memang, tapi semoga menginspirasi 🙂 Selamat berkarya!

This slideshow requires JavaScript.

One thought on “#1 Upcycle Postcard??? || Bahan dari Kemasan Bekas

Leave a comment