#2 Upcycle Kemasan Karton Susu || Tatakan Gelas

1

Halooooooo… Kembali lagi saya dengan tulisan baru. Kali ini saya mau mengenalkan kreasi dari karton susu kemasan, itu loh yang biasa disebut Tetra Pak. Masih gak tau? Okeeeh saya sebut merek nih, itu kemasan karton yang dipakai susu Ultramilk,  Teh Kotak, Indomilk, dan minuman lainnya yang terbuat dari karton. FYI, sebenarnya Tetra Pak itu sendiri merek atau salah satu perusahaan yang bergerak di bidang kemasan bukan nama kemasan karton itu sendiri.

Berawal pas kuliah ada pelajaran namanya Etika Pengembangan Diri (EPD) dimana dosen saya memberi tugas untuk membuat suatu prakarya dari barang bekas atau barang yang sudah tidak dipakai lagi, lalu dipresentasikan di pertemuan selanjutnya. Nahh… Saya bukan orang yang jago DIY, prakarya, pkk #ehhh. Jadi saya berusaha cari sesuatu yang mudah tapi berguna. DANNNNNN saya temukan itu! Yaitu kreasi TATAKAN GELAS dari karton kemasan susu. Langsung aja deh ya….

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

2

  • Karton Minuman
  • Penggaris
  • Alas potong
  • Cutter
  • Gunting
  • Paper Tape
  • Double Tape
  • Solatape
  • Lem Uhu
  • Pita Kain Warna-warni
  • Spidol Permanen

Langkah-langkah :

  1. Buka karton bekas minuman, gunting terbentang seperti foto dibawah, bersihkan dengan menggunakan air sehingga menjadi selembar karton besar.

3

  1. Tandai karton, untuk membuat bahan anyaman dengan lebar 1cm, buat sebanyak 20 (atau sesuai dengan besar yang diinginkan).
  2. Gunting lembaran karton yang sudah ditandai sebelumnya, membentuk lembaran-lembaran panjang seperti pada foto.
  3. Susunlah 11 lembar yang sudah digunting-gunting tadi. Jejerkan dengan rapat dan rekatkan ujung-ujungnya dengan menggunakan paper tape pada alas agar tidak bergerak saat dibuat anyaman.

4

  1. Mulailah menganyam sesuai dengan pola yg telah ditentukan. Rapatkan setiap baris, agar hasil tidak renggang.
  2. Setelah selesai menganyam, rekatkan paper tape di bawah baris akhir anyaman untuk menguncinya. Setelah terkunci rapat, gunting dan rapihkan sisi-sisinya.5
  3. Untuk merapihkan bagian belakang anyaman, gunting lembaran tetra pak yang tersisa, seukuran tatakan yang sudah selesai dianyam dan tempelkan dengan menggunakan double tape.

6

VOILLAAAAAAAAA….1

Yuk Ngetehhhhh…

dsc_0313-edit

*Kredit untuk pihak yang telah punya ide ini…
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s